Seputar Mesin Jahit

sewingjack

Mesin Jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang yang berfungsi untuk mempermudah proses pembuatan jahitan dengan menggunakan jarum dan benang. Pada awal peradaban manusia jarum terbuat dari tulang, gading, batu dan logam sekitar abad ke-14. Untuk benangnya menggunakan otot binatang, batang tanaman, hingga menggunakan kepompong ulat sutra dan bahan plastik saat ini.

Mesin jahit awalnya masih menggunakan tenaga manusia sebagai sumber tenaga penggerak, oleh karenanya disebut Mesin Jahit Manual. Mesin Jahit manual hanya bisa membuat jahitan rantai, namun jahitan tersebut mudah terurai. Sehingga harus di buat jahitan kunci pada setiap ujung jahitannya. Perang hak paten antar para penemu mesin jahit terjadi pada saat itu. Lambat laun mesin jahit manual digantikan Mesin Jahit LIstrik, yang menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Gerakan ritmik menaik turunkan jarum di sertai dorongan kain saat di jahit menghasilkan produktivitas yang tinggi. Mesin jahit listrik terus berkembang hingga dipadukan dengan microprocessor dengan sebutan Mesin Jahit Komputer. Dengan penambahan mikro processor ini memeungkinkan jahitan mengikuti pola yag telah di tentukan sebelumnya, selain itu dapat pula membuat jahitan-jahitan dekoratif. Selain itu mesin jahit ini memiliki sensor-sensor sehingga dapat berhenti secara otomatis saat benang putus, melakukan penggantian benang secara otomatis dan lain- lain.

Mesin Jahit Komputer dengan 1 jarum jahit di sebut Mesin Jahit Single Needle. Mesin Jahit ini merupakan mesin jahit yang paling banyak di gunakan. Banyak Teknologi baru yang di terapkan pada mesin jahit ini, diantara nya:

Automatic Thread Trimmer

Automatic thread timmer ialah pemotong benang otomatis pada mesin jahit, Hasil potong benang yang tepat dan lebih pendek pada akhir jahitan membuat lebih efisien pemakaian benangnya, daripada melakukan potongan benang secara manual.,Operator mesin jahit pun dapat langsung melanjutkan pekerjaan lain sehingga selain meringankan tenaga operator juga mempercepat proses jahit selanjut nya sehingga waktu kerja lebih efektif.

Control Panel

Contol Panel ialah kotak tombol-tombol yang di tempelkan pada bagian atas bodi mesin jahit. Dengan Control Panel ini operator dapat mengatur bentuk-bentuk jahitan, membuat jahitan kunci/ menjahit terus menerus, dan lain-lain. Selain mengatur jahitan di dalam control panel ini dapat mendeteksi kesalahan dan memberikan peringatan dini kepada operator.

Direct Drive

Direct Drive ialah Motor berpenggerak langsung tanpa menggunakan belt sebagai penerus daya. Penggunaan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi yang tinggi karena energy tidak terbuang oleh belt penerus daya. Selain itu pengoperasian mesin menjadi lebih stabil, hasil jahitan lebih akurat karena posisi jarum yang selalu tepat tanpa terpengaruh getaran. Energi listrik yang di gunakan lebih irit di banding menggunakan belt. Selain itu tingkat kebisingan pun rendah.

Oil Free Technology

Oil Free Technology ialah penggunaan bearing dengan penutup dan tidak memerlukan lubrikasi dengan kemampuan kecepatan hingga 5000 s/m. Selain itu penggunaan jarum yang tahan panas terhadap gesekan walaupun tanpa menggunakan oli dengan coefisien 0,1. Jarum ini menggunakan solid grease sebagai pengganti oli sehingga mencegah berhenti secara tiba-tiba akibat pemuaian. Teknologi ini juga mencegah bahan terkena tetesan-tetesan oli yang bocor.

Masih banyak teknologi-teknologi yang terus di tambahkan pada mesin jahit agar hasil jahitan semakin berkualitas, semakin baik, semakin efisien, dan semakin mudah di gunakan. Dunia Sandang Divisi Machinery menjual mesin jahit- mesin jahit dengan teknologi diatas. Mesin jahit yang kami jual merupakan mesin jahit yang handal yang banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahan garment maupun industri jahit rumahan. Selain mesin jahit single needle dan double needle, kami juga menjual mesin-mesin pendukung lain nya, seperti mesin obras(Overlock) 3,4,5,6 benang, mesin pasang kancing chainstitch, mesin pasang kancing lockstitch, mesin lubang kancing, mesin zig-zag, dan mesin-mesin lain nya.

Leave a comment