Bahan Kain Double Knit

Double knit adalah teknik rajut yang menghasilkan kain dengan dua lapisan yang saling terhubung, biasanya menggunakan mesin rajut khusus. Teknik ini menghasilkan kain yang lebih tebal dan lebih tahan lama dibandingkan dengan rajutan tunggal biasa.

Dalam double knit, dua benang rajut atau lebih digunakan secara bersamaan untuk membuat dua lapisan kain yang terjalin secara simultan. Benang tersebut biasanya melewati jarum-jarum mesin rajut yang saling terhubung, sehingga membentuk dua lapisan kain yang terhubung di bagian tengahnya.

Keunikan dari double knit adalah kedua sisi kainnya terlihat mirip, sehingga tidak ada sisi kanan atau sisi terbalik yang jelas. Biasanya kedua sisi kain memiliki tekstur dan pola yang sama, sehingga pakaian yang terbuat dari double knit bisa digunakan dengan baik dari kedua sisi.

Teknik double knit menciptakan kain yang lebih tahan lama dan padat. Kain ini memiliki kekuatan dan stabilitas tambahan karena memiliki dua lapisan yang saling terhubung. Kain double knit juga memiliki ketebalan yang lebih besar daripada kain rajutan biasa, sehingga memberikan isolasi yang baik dan tahan terhadap kusut.

Bahan double knit sering digunakan untuk pembuatan pakaian seperti sweater, jaket, rok, celana olahraga, dan berbagai item pakaian lainnya yang membutuhkan kekuatan, ketahanan, dan ketebalan tambahan.

Jenis bahan kain double knit

Bahan kain double knit umumnya terbuat dari serat sintetis seperti poliester, nilon, atau rayon. Beberapa bahan double knit juga bisa terbuat dari serat alami seperti katun atau wol. Berikut adalah beberapa jenis bahan kain double knit yang umum digunakan:

  1. Poliester Double Knit: Poliester adalah serat sintetis yang populer dalam pembuatan kain double knit. Bahan ini tahan lama, tahan kusut, dan memiliki ketahanan yang baik terhadap deformasi. Poliester juga memiliki sifat elastis yang memungkinkan pakaian menjadi nyaman dan memiliki keberlanjutan yang baik.
  2. Nilon Double Knit: Nilon juga serat sintetis yang sering digunakan dalam pembuatan bahan double knit. Nilon memiliki kekuatan yang tinggi, elastisitas yang baik, dan daya tahan yang baik terhadap kerutan. Nilon juga tahan terhadap kelembaban dan cepat kering, membuatnya cocok untuk pakaian olahraga.
  3. Rayon Double Knit: Rayon adalah serat semi-sintetis yang dihasilkan dari serat alami seperti kayu atau kapas. Bahan ini memberikan tekstur yang lembut dan nyaman, serta memiliki sifat yang mirip dengan serat alami. Rayon double knit cenderung lebih ringan dan memiliki kemampuan penyerapan kelembaban yang baik.
  4. Katun Double Knit: Katun adalah serat alami yang populer dalam pembuatan kain double knit. Bahan ini terasa lembut, bernapas, dan nyaman di kulit. Katun double knit biasanya digunakan untuk pakaian yang lebih ringan dan cocok untuk cuaca hangat.
  5. Wool Double Knit: Wool atau wol adalah serat alami yang diperoleh dari bulu hewan seperti domba. Bahan ini memberikan kehangatan, isolasi, dan elastisitas yang baik. Wool double knit biasanya digunakan dalam pembuatan pakaian musim dingin seperti sweater atau jaket.

Pilihan bahan kain double knit tergantung pada preferensi, penggunaan, dan kebutuhan Kamu dalam menciptakan pakaian yang sesuai.

Scroll to Top